Skip to main content

Bagong Community (Ngaglik Sleman)

Deskripsi

Bagong Community adalah Salah satu Komunitas relawan di wilayah Sleman. Lokasi Posko Bagong Community di Kecamatan Ngaglik, Yogyakarta. Bagong Community  menjadi salah satu 48 komunitas relawan yang terdata dan diakui olhe BPBD Sleman menurut data SDIN Sleman Disaster Information Network tahun 2016.




Data Relawan

  • Nama Komunitas : Bagong Community
  • Jumlah Personel : Puluhan personel
  • Bidang : Relawan
  • Alamat : Ngaglik, Sleman
  • Kabupaten : Sleman
  • Kecamatan : Ngaglik
  • Kontak : Adam Sutanto (2017)
  • Email : 
  • Legalitas : 
  • Frekuensi : 160.920 Mhz
  • Berdiri : 1 Oktober 2005

Berita 

Blog mahameru, 2015 : 
Melihat kerja teman-teman "BAGONG" itu, ada rasa kagum tapi juga khawatir karena pak Unyil yang bertugas membawa Sin-So (chainsaw) memanjat tembok batako dan memotong cabang/ranting pohon yang roboh itu begitu berani, seakan tanpa SOP keselamatan kerja, padahal penerangan hanya mengandalkan senter (batteray) kecil dari warga.
Yang harus di-apresiasi adalah bahwa teman-teman komunitas Relawan "BAGONG" itu benar-benar pekerja sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Setelah minum kopi & rokok sekedarnya, pak RT dan penulis akan memberikan uang pengganti bensin untuk Sin-So, tapi semua menolak karena komitmennya pada tugas Relawan. Ya, kami atas nama masyarakat bisanya hanya mengucapkan terima kasih, semoga jadi amal kebaikan yang akan mendapat balasan dariNYA.

Tribun Jogja, 2 Oktober 2017 :
"Kami keluarga besar Bagong Community dalam rangka hari jadi ke-12 tanggal 1 Oktober 2017 mencoba berbagi. Markipatan (mari kita patungan) dari keluarga besar Bagong kami wujudkan air bersih yang jumlahnya 10 tangki," tegas Ketua Bagong Community Adam Sutanto. Lanjutnya, 10 tangki air bersih tersebut diperuntukan untuk beberapa RT di kawasan perbukitan itu. Selain bantuan air bersih, komunitas tersebut juga memberikan tali asih untuk beberapa anak yatim di dusun tersebut. "Kami dalam aksi ini mengajak sebagian besar anggota Bagong Community dan keluarganya agar mereka mengetahui secara lebih dekat dengan naik turun gunung," pungkasnya.

KPU Sleman, 12 Mei 2018 : 
Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu Tahun 2019 sedang berjalan, salah satu tugas dari penyelenggara Pemilu adalah melakukan sosialisasi tersebut kepada masyarakat, bertempat di Posko Bagong Community di Kecamatan Ngaglik, pada Sabtu malam tanggal (12/5) KPU Kabupaten Sleman melakukan Sosialisasi Pendidikan Pemilih dengan Tema “KPU Menyapa Komunitas Radio Amatir Bagong Community Ngaglik”,  Sebagai narasumber sosialisasi Indah Sri Wulandari S.E., M.Sc.
Selaku anggota Komisioner dan Ketua Divisi SDM dan partisipasi masyarakat  KPU Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa, saat ini ada 16 Parpol yang sudah ditetapkan KPU  dan ada 4 Partai Lokal Aceh yang nantinya akan akan menjadi Peserta Pesta Demokrasi dalam Pemilihan Legislatif . Disampaikan bahwa untuk Pemilu 2019 memang berbeda dengan Pemilu sebelumnya, dimana pada Pemilu 2019 nanti, akan dilangsungkan secara bersamaan antara  Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Jadi akan ada 5 Surat Suara yang akan diberikan kepada pemilih di TPS.

Prestasi

Aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan juga kegiatan sosial, latihan dan lomba yang diselenggarakan oleh BPBD ataupun BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) yang melibatkan/mengundang relawan.
Bagong Community menjadi peserta Lomba pendirian Tenda BPBD Sleman tahun 2016

Referensi :

Comments

Popular posts from this blog

JKM (Jalin Komunikasi Mandiri)

JKM Lahir untuk menyatukan minat-minat berkomunikasi dengan alat mandiri seperti HT dan lain-lain. JKM memberikan fasilitas untuk berkreasi dan mengoptimalisasi diri untuk tetap berprestasi. JKM bergandeng tangan dengan para pihak untuk memberikan informasi umum maupun emergency kepada masyarakat. JKM ada untuk Membangun Masyarakat Mandiri. 

Relawan Code-X Jogja

Relawan Code-X Jogja mulai ada sejak sekitar tahun 2010. Pernah tampil sebagai juara Juara III CODE-X Lomba ketangkasan Relawan yang digelar oleh BPBD Jogja. Lomba Estafet Ketangkasan Relawan paginya melombakan kekompakan dan kecekatan personil relawan dalam halang rintang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta selenggarakan kegiatan Jambore Relawan Kota Yogyakarta 2016 pada Minggu (30/10) bertempat di halaman Balaikota Yogyakarta.